Minggu, 06 Januari 2013

Pengertian blender dan menceritakan kasus animasi yang di buat


Kali ini saya akan menjelaskan applikasi apa yang kelompok saya pakai dalam membuat sebuah objek animasi yang berhubungan dengan tugas saya ini dan sedikit menceritakan alur animasi yang dibuat. Applikasi yang kelompok saya gunakan adalah blender. Berikut adalah pengertian blender di bawah ini :
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk
dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.
Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan
tidak  ada  sifat  royalt  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun
untuk dikomersilkan.
Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender
mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.  Kelebihan
yang  dimiliki  Blender  adalah  dapat  membuat  game  tanpa  menggunakan  program
tambahan  lainnya,  Karena  Blender  sudah  memiliki  Game  Engine  sendiri  dan
menggunakan  Python  sebagai  bahasa  pemograman  yang  lebih  mudah  ketimbang
menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan OpenGL  sebagai  render  grafiknya  yang  dapat  digunakan
pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X.
Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih
ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang
untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti:
  1. Video Texture
  2. Real-time GLSL
  3. Material
  4. Game Logic
  5. Bullet SoftBody
  6. Python Editor
  7. Multilayer Textures
  8. Physics
  9. Render Baking dan Normal Mapping
  10. dan lain – lain.
Blender merupakan  suatu  software  untuk  membuat  suatu  grafik  3D  dari  pembuatan
objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D.
Keunggulan Blender 3D
  1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  2. Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
  3. texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting,
  4. rendering, compositing, post production dan game creation.
  5. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  6. bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun
  7. dan sistem operasi yang lainnya.
  8. Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih
  9. cepat dan efisien.
  10. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  11. File Berukuran kecil.
  12. Free (gratis).
Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai
berikut :
  1. Revolusioner  yang  tidak  tumpang  tindih  dan  non-blocking  UI memberikan  alur
  2. kerja tak tertandingi
  3. Fleksibel  dan  bisa  diatur  tata  letak  jendela  dengan  layar  setup  sebanyak  yang
  4. Anda suka
  5. dengan dukungan terjemahan internasional
  6. Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva
  7. editor, NLA, tampilan 3D dll)
  8. text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
  9. text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
  10. Custom tema
  11. Antarmuka konsisten di semua platform
Referensi : 
http://motionstudio.wordpress.com/blender/

Itulah pengertian blender applikasi yang kelompok saya gunakan, setelah ini saya akan menceritakan sedikit animasi yang saya buat dengan kelompok saya. Kelompok kami membuat sebuah animasi robot binatang yang ada disebuah film anime berjudul digimon. kelompok kami menceritakan bagaimana cara membuatnya dan cara animasi tersebut nantinya dapat berjalan layaknya seperti binatang yang bisa berjalan. Seperti itulah jalan ceritanya yang kelompok kami buat dengan seadanya karena kami sendiri pun masih dalam tahap belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar