Minggu, 19 Mei 2013

Tentang Game Tetris



A. Tentang Game Tetris
Semua orang tentu telah mengenal game ini, game yang berbasis brain game ini adalah game kuno yang mengasyikkan, dimana didalam game ini, kita harus bida menyusun struktur bangunan yang telah disediakan ke suatu bentuk formasi bangunan lain agar dapat saling mengunci dan akan mendapatkan nilai untuk kemudian dapat lanjut ke level berikutnya.

Tetris merupakan permainan teka-teki bangunan yang dibuat oleh Alexey Pajitnov pada tanggal 6 Juni 1985. Saat itu Pajitnov masih bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Nama tetris sendiri diambil dari bahasa numerik yunani, dimana tetra berarti empat. Dasar itulah yang digunakan dalam permainan ini, dimana ada 4 balok yang tersusun dan dapat diubah-ubah ke berbagai bentuk yang kemudian disusun oleh pemain untuk dapat saling terkunci.
Konsep permainan ini tidaklah rumit. Kita hanya perlu menyusun balok-balok yang berbentuk I, J, L, S, T, dan Z dengan memutar balok dan menggeser balok ke kiri atau ke kanan sampai balok-balok tersebut memenuhi garis horizontal dijendela permainannya. Jika garis horizontal telah terbentuk tanpa ada celah yang kosong, maka garis horizontal itu pun akan hilang dan pemain pun akan mendapatkan nilai untuk itu. Semakin lama game ini dimainkan, maka balok yang akan turun pun akan semakin cepat. Permainan akan berakhir jika balok yang tersusun telah memenuhi ruang permainannya.

Dengan semakin berkembangnya permainan-permainan yang ada, game ini pun mengalami perkembangan dengan pola permainan yang semakin beragam. Jika di versi awalnya, game ini hanya menyusun berdasarkan bentuknya untuk mendapatkan nilai, namun kini berkembang dengan menggunakan penilaian berdasarkan keserasian warna yang disusun.
B. Perkembangan Game Tetris
Tetris diciptakan oleh ilmuwan rusia yang bernama Alexe Pajitnov pada tahun 1984. Awalnya panjitnov mendesain permainan ini untuk perusahaan elektronika Uni Soviet yang bernama Electronica 60. Setelah satu tahun kemudian, game ini dilirik oleh raksasa komputer asal Amerika , yaitu IBM. Sehingga pada tahun 1985, game tetris ini terpasang di semua komputer buatan IBM.
Mulai saat itu, game ini menyebar diseluruh Uni Soviet dan menjadi permainan paling popular di Negara tersebut. Dua tahun kemudian, tetris mulai dipasang untuk komputer-komputer IBM yang beredar di Eropa dan Amerika. Sehingga pada tahun 1987 ini adalah langkah penting bagi tetris karena mulai memasuki pasar dunia.
Pada tahun 1988, Perusahaan Bullet-Proff Software memasang permainan tetris ke dalam komputer buatannya. Perusahaan itu sendiri adalah milik seorang desainer video game yang bernama Henk Rogers yang menemukan permainan tetris ketika ada pameran dagang di Las Vegas. Setelah itu, langkah ini dilanjutkan oleh NES di Jepang. Dan dalam waktu cepat, game ini terjual habis sebanyak 2 juta copy.
Setahun kemudian, Henk mendatangi Rusia dengan tujuan menemui Alexe. Keduanya pun menjadi pemegang hak paten atas game tetris ini. Mereka kemudian memberikan hak penjualan game ini ke industry video game Nintendo. Dengan hak paten yang bdiberikan, kemudian Nintendo membuat alat khusus untuk memainkan permainan ini. Dan akhirnya dalam waktu yang singkat, 35 juta alat main game nini terjual diseluruh dunia.
Pada tahun 1992, para ilmuwan yang telah mengadakan riset tentang dampak tetris bagi anak pun mengungkapkan bahwa game ini bisa melatih otak untuk berpikir lebih efisien. Dan hasil ini pun semakin melambungkan nama game ini.
Pada tahun 2000, perusahaan perangkat lunak yang bernama DTI Software menginstal permainan ini untuk menjadi hiburan bagi penumpang pesawat terbang. Dan ini pun diterapkan oleh sekitar 50 maskapai penerbangan ke seluruh dunia. Selain DTI, G –Mode juga memasang tetris di telepon genggam yang terjual di Jepang. Ini membuat tetris adalah game pertama yang masuk dalam telepon genggam.
Dengan perkembangan seluler, Henk kemudian mendirikan sebuah perusahaan yang mengembangkan tetris pada versi telepon yang diberi nama Blue Lava Wireless. Sasaran pertama pemasaran Henk adalah Amerika. Setelah berkembang di Amerika, kemudian Henk melbarkan sayap pemasarannya dengan memasuki pasar di Eropa dan juga Korea.
Tetris terus mengalami perkembangan, dan pada tahun 2010, tetris telah dikembangkan ke dalam versi Ipad
C. Manfaat Game Tetris
Ada beberapa manfaat dari game tetris ini, terutama untuk anak-anak. Diantaranya adalah:
Melatih kamampuan berkonsentrasi dan berpikir
Melatih kamampuan dalam memecahkan masalah (Cognitive skill)
Meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dan mata
D. Dampak Game Tetris
Jika dihadapkan dengan pertanyaan apa dampak yang ditimbulkan oleh sebuah game atau permainan, maka tentu kita akan menjawab waktu yang digunakan adalah dampaknya. Karena jika seseorang telah keasyikan bermain game, maka dia akan lupa dengan waktu dan akan  terus bermain. Nah untuk menanggulanginya, maka kontrol waktu untuk bermain, hal ini terutama untuk anak-anak. Karena jika tidak dikontrol, tentu akan menimbulkan efek yang negatif. Contohnya dengan terbengkalainya tugas-tugas dari sekolahnya, mata yang lelah karena terus melihat layar permainan, dan lain-lain.

Sumber :
- http://sekedar-tahu.blogspot.com/2010/06/sejarah-dan-asal-usul-game-tetris.html
- http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/02/sejarah-perkembangan-game-tetris.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar